Home » Bijak dan Ciptakan Politik Damai, BEM se Sumut Ajak Mahasiswa Gunakan Hak Pilih di TPS

Bijak dan Ciptakan Politik Damai, BEM se Sumut Ajak Mahasiswa Gunakan Hak Pilih di TPS

BEM se Sumut diskusi berthema ” Mahasiswa Ayo ke TPS”, yang diselenggatrakan disalah satu cafe di Medan, Senin (12/2).(jos tambunan)

 

 

MEDAN, INVOCAVIT.COM – Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Sumatera Utara menyerukan para mahasiswa untuk menggunakan hak pilih mereka pada pemilu 2024 dengan tema ‘Mahasiswa Ayo ke TPS’. Di mana, mahasiswa berperan penting dalam Pemilu 2024 nanti.

 

Diskusi yang dihadiri BEM 10 perguruan tinggi menampikan  dua narasumber di antaranya Dosen Fisip USU Ibnu A Matondang dan Presiden Mahasiswa Unimed 2023 Ahmad Dani Lubis, kedua narasumber itu menekankan pentingnya rasionalitas dalam pemilihannya serta tidak terjebak dengan perbedaan pendapat. Ibnu menyatakan bahwa keterbelahan adalah sesuatu yang wajar, namun harus dihadapi dengan kedewasaan.

 

Ibnu A Matondang mengatakan 60 persen pemilih pada Pemilu 2024 ini adalah kaum millenia dan Zelenia karena itu dalam menetukan pilihan harus berpikir rasional.

Baca Juga :  Pacu Pendidikan Vokasi Sumut, Honda Gelar Sarasehan SMK 2023

 

“Mahasiswa harus rasional, jangan jadikan keterbelahan itu sebagai pembeda. Jangan terjebak dengan keterbelahan,” katanya, Senin (12/2).

 

Sementara itu, Ahmad menyoroti adanya perpecahan dan kritisisme di kalangan mahasiswa dalam memilih calon pemimpin. Dia menekankan pentingnya menciptakan suasana yang damai dan menyerukan agar para mahasiswa tidak terjebak dalam perdebatan yang tidak produktif.

 

“Tidak perlu memperdebatkan salah satu Paslon. Tentukan saja pilihan kita, jangan berdebat dengan pilihan orang lain agar menciptakan pendewasaan,” ucapnya.

 

Kedua narasumber itu mengajak para mahasiswa untuk memilih secara bijaksana dan menciptakan politik yang damai serta netral di lingkungan kampus. Dengan begitu, diharapkan pemilu mendatang dapat berjalan dengan baik dan Indonesia bisa lebih maju ke depannya.

Baca Juga :  900 Personil Gabungan TNI Dan Polri Kawal Kunjungan Presiden ke Kota Rambutan¬†¬†

 

Adapun pernyataan sikap dari Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Sumatera Utara dalam rangka menyambut pesta demokrasi Pemilu 2024 yakni: Mengajak seluruh masyarakat khususnya pemuda Indonesia untuk memberikan hak suaranya dan tidak Golput pada 14 Februari 2024 di TPS masing masing, agar tingkat partisipasi pemilih tinggi sehingga melahirkan pemimpin yang memiliki legitimasi yang kuat.

 

Mengajak Mahasiswa dan segenap elemen bangsa untuk bersama-sama menciptakan suasana Pemilu yang damai dan penuh kegembiraan, dengan cara mengutamakan pendidikan politik bagi masyarakat dan meningkatkan partisipasi Pemilu dengan menjunjung tinggi keharmonisan, kedamaian, dan tanggung jawab dalam menggunakan hak pilihnya.

 

Menghargai dan menghormati perbedaan pilihan politik setiap individu. Karena menurut kami ketiga Capres dan Cawapres ini merupakan putra terbaik bangsa yang harus di dukung dan di terima, siapapun yang nanti terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI pada pemilu 2024.

Baca Juga :  Unimed Buka Seleksi Mandiri 15 Juni Hingga 9 Juli, Bisa Pakai KIP-K

 

Menolak politisasi kampus untuk kepentingan politik tertentu dan memecah belah. Kampus harus menjaga kondusivitas sivitas akademik dan turut memberikan edukasi kepada komponen bangsa demi terciptanya Pemilu yang jujur, adil, aman, dan damai serta menjaga momentum pertumbuhan ekonomi positif dan iklim investasi yang kondusit demi kesejanteraan masyarakat.

 

Mengajak seluruh masyarakat untuk menangkal dan menghentikan berita bohong (hoax) dan ujaran kebencian yang merusak iklim demokrasi dan mengajak masyarakat untuk bersikap kritis dan bijak dalam menyaring informasi sebelum menyebar luaskannya, serta mengutamakan sumber informasi yang dapat dipercaya.(jos).

Tinggalkan komentar